Kenali Reach, Impression dan Engagement Untuk Kesuksesan Bisnis Online Anda

10 Februari 2020
Pembahasan lengkap mengenai Reach, Impression dan Engagement yang perlu anda ketahui untuk kesuksesan bisnis online anda.

Anda ingin memanfaatkan social media untuk strategi marketing bisnis anda? Memperkenalkan produk dan jasa anda melalui postingannya? Sebagai versi online dan free-nya untuk sales representative usaha anda?

 

Kalau iya, anda tidak boleh asal memposting dan menghabiskan budget dalam promosi di social media. Sangat penting untuk mengetahui adanya istilah reach, impression dan engagement pada beberapa platform media sosial tertentu.

 

Terutama saat anda membuka pengaturan akun pada kategori analitik social media brand, pasti anda akan melihat istilah ini muncul berulang-ulang: reach (jangkauan), impression (tayangan) dan engagement (interaksi). Tapi apakah definisi dan perbedaan sebenarnya dari hal tersebut?

 

Apa Itu Reach?

Reach (jangkauan) adalah jumlah total orang di social media yang melihat postingan anda. Sederhananya, jika 100 orang telah melihat postingan, iklan atau konten anda, itu berarti reach (jangkauan)-nya adalah 100.

 

Apa Itu Impression?

Sedangkan impression (tayangan) adalah berapa kali postingan anda tampilkan di layar handphone para netizen saat mereka membuka social media mereka, tak peduli apakah mereka mengkliknya atau tidak. Simple-nya, postingan anda telah muncul di layar netizen sebanyak 300 kali, berarti jumlah impression (tayangan) untuk postingan anda adalah 300.

 

Apa Itu Engagement?

Dan untuk engagement (interaksi)-nya sendiri adalah akumulasi jumlah orang yang berinteraksi, berhubungan dan berkomunikasi langsung terhadap postingan anda. Engagement memiliki tolak ukur sebagai berikut:

 

Perlu diketahui bahwa setiap social media seperti Facebook, Twitter dan Instagram memiliki perhitungan reach, impression dan engagement yang berbeda. Karena dari fitur-fitur yang ada di platform tersebut juga berbeda, seperti halnya Facebook yang bisa memberikan emoticon reaction untuk setiap postingan, sedangkan fitur tersebut tidak ada di kedua social media lainnya.

 

Jenis dari reach dan impression sendiri berbeda-beda guna menaikan interaksi pada postingan (engagement). Ada organic reach, yakni jumlah orang yang melihat konten anda secara gratis tanpa anda harus membayar iklan di social media. Paid reach atau jangkauan berbayar layaknya seperti iklan dengan penargetan audiens. Hingga viral reach yang melibatkan interaksi dari banyak netizen seperti jumlah likes, comments dan share.

BACK TO ARTICLES

Popular Articles

14 Januari 2020
Pentingnya Digital Marketing Untuk Meningkatkan Beranding dan Selling
10 Februari 2020
Kenali Reach, Impression dan Engagement Untuk Kesuksesan Bisnis Online Anda
14 Januari 2020
Tingkatkan Organic Reach di Instagram Untuk Kemajuan Bisnis Anda