Tingkatkan Organic Reach di Instagram Untuk Kemajuan Bisnis Anda

14 Januari 2020
Strategi tingkatkan organic reach yang wajib anda ketahui untuk kemajuan bisnis anda di instagram.

Memiliki social media sebagai salah satu sarana promosi secara digital untuk bisnis atau online shop kamu memang penting. Tetapi dalam memposting jangan dilakukan secara asal!

 

Pada dasarnya, membuat konten hingga memposting di social media dalam hal promosi membutuhkan cara dan strategi tertentu karena setiap platform media sosial memiliki alogaritma sendiri agar postingan anda tidak hanya dilewati saja oleh orang yang melihatnya.

 

Terutama dalam Instagram, 70% orang-orang akan melewatkan postingan-postingan di timeline mereka. Sehingga pada tahun 2016, alogaritma Instagram sendiri berubah menjadi seperti Facebook, dimana timeline hanya akan menampilkan postingan yang relevan dengan minat masing-masing.

 

Masih Ingat Apa Itu Reach?

Reach (jangkauan) adalah jumlah total orang di social media yang melihat postingan anda. Sederhananya, jika 100 orang telah melihat postingan, iklan atau konten anda, itu berarti reach (jangkauan)-nya adalah 100.

 

Baca juga : Kenali Reach, Impression dan Engagement Untuk Kesuksesan Bisnis Online Anda (Artikel sebelumnya)

 

Faktor Utama Alogaritma Instagram

 

Dari beberapa tolak ukur untuk memprediksikan alogaritma Instagram tersebut, anda bisa mulai mengakalinya untuk meningkatkan organic reach tanpa perlu membayar, endorse atau paid ads.

  1. Posting foto dan video dengan kualitas dan resolusi yang tinggi agar tidak blur, semakin enak dipandang, makan semakin lama para pengguna Instagram lain melihat bahkan berinteraksi dengan postingan anda.
  2. Tulis caption semenarik mungkin, bisa menggunakan kutipan keren, QOTD dan mencantumkan CTA (Call To Action) seperti ‘Pesan Sekarang’, ‘Order Now’ atau ‘Follow Kami’.
  3. Gunakan hashtag untuk memudahkan postingan anda ditemukan oleh pengguna Instagram lainnya, tetapi pastikan untuk tidak mencantumkannya secara berlebihan karena hal tersebut akan mengganggu pembaca yang melihatnya.
  4. Konsistensi dalam menggunakan filter pada foto, hal ini lebih ke pengembangan brand awareness sehingga menciptakan image khusus yang familiar dan melekat pada bisnis anda.
  5. Lakukan kolaborasi dalam membuat konten dengan akun media sosial lain, seperti mempromosikan akun Instagram bisnis anda di Facebook, Twitter, Snapchat dan lain sebagainya.

Mendapatkan organic reach memang terdengar sulit, everything should be started from the scratch! Namun kedepannya, akan menjadi peluang yang sangat menguntungkan bagi kemajuan bisnis anda. Have fun trying!

 

BACK TO ARTICLES

Popular Articles

14 Januari 2020
Pentingnya Digital Marketing Untuk Meningkatkan Beranding dan Selling
10 Februari 2020
Kenali Reach, Impression dan Engagement Untuk Kesuksesan Bisnis Online Anda
14 Januari 2020
Tingkatkan Organic Reach di Instagram Untuk Kemajuan Bisnis Anda